Selasa, 05 Juni 2012

Arwana Super Red

Kabupaten Kubu Raya merupakan kabupaten dengan tempat penangkaran ikan arwana terbanyak, tercatat 33 perusahaan penangkaran membuka usahanya di kabupaten ini. Ikan arwana atau Scleropages formosus merupakan salah satu potensi sumber daya perikanan asli Provinsi Kalimantan Barat yang sudah terkenal hingga ke seluruh dunia, dengan habit asli berada di hulu DAS sungai Kapuas. Ikan arwana super red ini juga memiliki gelar sebagai rajanya ikan hias air tawar karena keindahan sisiknya yang memiliki guratan warna merah menyala menyerupai cincin diseluruh tubuhnya. Pada saat ini teknologi budidaya penangkaran ikan arwana super red sudah dikuasai oleh masyarakat Kalimanta Barat. Usaha budidaya penangkaran ikan arwana super red Ktelah berkembang dan merakyat baik berada di daerah asalnya di Kabupaten Kapuas Hulu sendiri hingga sampai didaerah hilir DAS Kapuas seperti di Kabupaten Kubu Raya, dan Kota Pontianak. Produksi anakan ikan arwana super red sendiri per tahun yang berhasil diperdagangkan antar pulau khususnya ke Jakarta dan pasar ekspor seperti ke Singapura, Hongkong, China, Thailand dan Jepang sudah cukup besar, tentunya dengan tidak menyalahi aturan per undang-undangan terhadap satwa yang dilindungi, karena anakan ikan arwana yang diperjualbelikan adalah asli dari hasil usaha budidaya bukan penangkapan di alam.    

Keunikan ikan arwana super red strain adalah mampu beradaptasi dan hidup diberbagai kawasan lintas benua hingga mencapai umur di atas sepuluh tahun. Namun demikian, untuk dilakukan upaya pengembangbiakan di luar habitat aslinya (Kalimantan Barat), ikan arwana super red ini masih sulit dilakukan dan banyak mengalami kegagalan. Ini yang menyebabkan strain arwana super red Strain Kapuas Hulu asal Provinsi Kalimantan Barat tetap memiliki kualitas yang terbaik dibanding dengan ikan arwana sejenis dari luar Kalimantan Barat.

Pemanfaat ikan hias arwana super red Strain Kapuas Hulu ini pada umumnya adalah sebagai ikan hias yang dipajang dalam akuarium di tempat-tempat yang elit, seperti ruang kerja direktur atau kepala kantor, di lobby hotel berbintang, di lobby kantor, di ruang tamu orang-orang penting dan terkenal dan di ruang tamu para hobbies yang memandang dengan liukan – liukan ikan arwana super red dengan warnanya yang merah terang tersebut di dalam akuarium dapat membawa ketenangan dan menghilangkan stress pemiliknya atau tamu yang sedang berkunjung.

1 komentar:

  1. mohon minta daftar nama,alamat,tel/hp wa? perusahaan penangkar ikan red arowarna. agar masyarakat bisa membeli langsung pada penangkar yg berizin. email.liemsugianto@gmail.com

    BalasHapus